Layanan Internet Publik

Untuk memberikan kemudahan dalam mengakses informasi bagi warganya, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus berupaya meningkatkan pelayanan prima dalam bidang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), salah satunya dengan cara menambah pemasangan titik hotspot (wi-fi) gratis di beberapa daerah yang ada di Kota Depok.

Hotspot (Wi-Fi) adalah salah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.

“Saat ini Diskominfo sudah memasang Wi-Fi gratis sebanyak 74 titik di seluruh Kecamatan dan Kelurahan. 11 titik dipasang pada 2012, sedangkan 63 titik lagi dipasang pada tahun 2013 beserta pemasangan wi-fi sebanyak 32 titik yang tersebar di sepanjang Jalan Margonda, Taman Lembah Gurame, dan Pusat Perkantoran Pemerintah Kota Depok.” Pemasangan wi-fi ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat mengakses internet secara gratis di tempat-tempat yang dekat dengan titik pemasangan wi-fi. Kalau tidak ada pohon tinggi atau objek lainnya yang menghalangi, wi-fi ini bisa diakses hingga jarak 100 meter. Hingga awal 2014, tercatat ada lebih dari 3000 pengguna internet yang memanfaatkan fasilitas wi-fi gratis dengan kecepatan maksimum 5 Mbps tersebut. Sebagian besar penggunanya berlokasi di sepanjang jalan Margonda dan Kampus Universitas Gunadarma.

Pesatnya perkembangan TIK yang berlangsung selama beberapa dekade terakhir ini, telah membuat kebutuhan masyarakat terhadap informasi menjadi semakin meningkat. Sebagai salah satu kota penyangga Ibu Kota Jakarta, Kota Depok memang merupakan wilayah yang sangat strategis dalam pengembangan jaringan teknologi informasi. Selain itu, banyaknya perguruan tinggi serta berbagai komunitas yang bergerak di bidang IT, telah membuat Kota Depok menjadi kota yang memiliki jumlah penduduk dengan tingkat penggunaan internet tertinggi se-Jabodetabek.

“Tingginya kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi ini perlu kita syukuri, karena ini merupakan sebuah asset penting untuk mewujudkan program andalan Kota Depok, yakni Depok Cyber City yang mengedepankan ketersediaan berbagai pelayanan publik Government to Government (G2G), Government to Bussiness (G2B), Government to Citizens (G2C), Bussiness to Citizens (G2C), dan Citizens to Citizens (C2C) berbasis TIK dalam satu kawasan kota.” Ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Muhammad Fitriawan.

Lokasi wifi nya dapat dilihat disini

Picture1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *