Komunitas Depok Vidgram membantu Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam menyosialisasikan program penyuluhan internet untuk para pelajar di setiap sekolah yang ada di Depok. Kegiatan tersebut bertujuan agar pelajar menggunakan internet secara sehat dan dapat menghasilkan ide kreatif bagi para pengguna internet lainnya.

” Kami dan Diskominfo sudah melakukan sosialisasi internet sehat di sejumlah SMP yang terletak di Kecamatan Pancoran Mas pada tahun 2016. Karena itu, rencana kerjasama ini adalah kegiatan lanjutan yang digelar oleh kami,” kata Pendiri Depok Vidgram, Lucky Saputra kepada depok.go.id, Senin (27/03/2017).

Menurutnya, kegiatan internet sehat ini bertujuan agar setiap pelajar di Depok bisa menggunakan internet untuk hal-hal yang positif. “Penggunaan internet sehat adalah bagaimana seseorang dapat menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan dan usianya,” katanya.

Lebih lanjut, Lucky mengatakan, sosialisasi internet sehat tersebut akan diadakan di sejumlah SMP yang ada di Kota Depok. Namun, dirinya belum dapat memastikan terkait lokasi serta jumlah sekolah yang akan diberikan sosialisasi internet sehat tersebut. “Kami masih menunggu untuk didiskusikan lebih dahulu,” ucapnya.

Lucky menuturkan, dalam sosialisasi internet sehat dipilihnya pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk diberikan edukasi. Dirinya mempunyai alasan, saat usia anak memasuki tingkat pendidikan SMP sangat rentan terhadap berbagai pengaruh yang bersifat negatif.

“Jadi, rasa ingin tahu mereka sangat besar, sehingga banyak yang akhirnya berani mencoba untuk mengetahui sesuatu yang baru. Bila tidak ada pendampingan dari orangtua dan lingkungan, akibatnya mereka akan terjerumus ke hal yang negatif. Termasuk dalam penggunaan internet,” terangnya.

Dirinya berharap, agar sosialisasi internet sehat tersebut dapat segera terealisasi. Untuk itu, pihaknya akan terus menjalin sinergitas dengan Diskominfo Kota Depok dalam mendiskusiksn waktu dan lokasi pelaksanaan.

“Mudah-mudahan dapat segera terealisasi. Sehingga semakin banyak pelajar yang sadar mengenai cara menggunakan internet yang positif dan disesuaikan dengan usianya,” tandasnya.

Penulis: Guntur Widyanto

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *