Program Smart City yang digadang Pemkot Depok dinilai sejalan dengan Undang-undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Karena itu, pembenahan infrastruktur terkait keterbukaan informasi dan komitmen terhadap e-Develompment jadi prioritas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok dalam mengawal amanat undang-undang tersebut.

“Dua hal itu menjadi perhatian kami untuk mewujudkan Depok sebagai kota Smart City. Empat isu strategisnya adalah pembangunan infrastruktur jaringan serat optik terpadu, penyediaan disaster recovery center, pembangunan control room, integrasi data dan aplikasi,” ujar Plt Kepala Diskominfo Kota Depok Widyati Riyandani, usai kegiatan forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Diskominfo Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata, Senin (13/02/17).

Dia menambahkan, program tersebut dilakukan karena saat ini penggunaan teknologi informasi jadi kebutuhan. Karena itu, optimalisasi pemanfaatan dan pengembangan IT untuk mewujudkan Smart City yang disampaikan kepada seluruh warga kota secara cepat (ontime), tepat dan merata diharapkan bisa terwujud.

“Arah kebijakan yang akan diambil adalah peningkatan keterbukaan layanan partisipasi dan pengaduan publik dalam pelaksanaan pelayanan, serta peningkatan tata kelola informasi dan komunikasi. Sedangkan indikator programnya adalah cakupan pelayanan informasi dan komunikasi melalui media informasi,” tambahnya.

Dirinya berharap, dengan adanya forum OPD Diskominfo yang dihadiri pelaku UMKM, komunitas serta stakeholder terkait, mampu menyerap aspirasi sebanyak-banyaknya untuk mewujudkan proses pelayanan publik yang cepat, tepat dan transparan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengatakan, untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, diperlukan program pembangunan. Sehingga komunikasi yang dibangun tidak hanya sebatas antarindividu, tapi harus ada perkembangan teknologi untuk mengatasi segala permasalahan yang ada.

“Perkembangan IT saat ini sangat pesat, dibutuhkan peran semua masyarakat untuk mewujudkan hal tersebut. Masyarakat yang cerdas adalah masyarakat yang melek IT. Dengan begitu, informasi menjadi tuntutan dan kebutuhan sehari-hari, apalagi di era globalisasi ini,” paparnya.

Untuk diketahui, kegiatan forum OPD bertujuan untuk menyelaraskan program dan tujuan Diskominfo dengan usulan program kegiatan hasil-hasil Musrenbang RKPD di kecamatan, mempertajam indikator kerja, serta target program dan kegiatan Diskominfo sesuai dengan visi misi wali kota. Serta menyelaraskan program dan kegiatan Diskominfo dengan OPD lain untuk optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergi dengan OPD lain di Pemkot Depok.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *