Sebagai pihak yang paling sering bersentuhan dengan pers, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dituntut untuk saling bersinergi dengan media. Dengan sinergi ini, diharapkan pers mampu menjembatani kebutuhan informasi masyarakat dengan berita yang informatif dan edukatif.

Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke-71 yang jatuh pada 9 Februari besok, dapat dijadikan sebagai media refleksi bagi insan pers. Tidak hanya di Kota Depok, tapi di seluruh Indonesia, untuk kembali mengingat peran dan fungsinya.

“Peringatan Hari Pers sebagai upaya meperkokoh, memperkuat organisasi pers sebagai media pembaruan. Selain itu, peringatan ini juga sebagai upaya peningkatan kemampuan, supaya mereka (wartawan) dapat memberikan informasi yang edukatif, berimbang dan mencerdasakan masyarakat,” ujar Widyati, di Diskominfo, Rabu (08/02/17).

Dia juga mengatakan, insan pers mampu menjadi jembatan informasi antara dua belah pihak. Baik itu pemerintah dengan masyarakat, maupun pemangku kebijakan. Menurutnya, peran pers di Kota Depok sudah banyak membantu program pembangunan. Tidak hanya bicara terkait hasil, namun proses tahapan, perencanaan, pelaksanaan dan hasilnya dapat terekspos ke masyarakat, berkat peran pers.

“Ini menjadi jembatan juga, agar masyarakat tahu apa yang selama ini dikerjaan oleh pemerintah Kota Depok dalam mencapai tujuan pembangunan ke depan. Sesuai dengan harapan yang termuat dalam dokumen RPJMD 2016-2021,” tuturnya.

Widyati yang juga menjabat sebagai Asisten Administrasi pada Sekretariat Kota Depok itu juga berharap, keberadaan pers dapat menjadi media saluran informasi yang edukatif, berimbang dan mendidik kepada masyarakat.

“Pers juga merupakan sarana kebijaan publik pada masyarakat untuk program-program pemerintah. Selamat Hari Pers, semoga semakin kritis, berimbang, edukatif dan mencerdaskan,” ucapnya.

Penulis: Vidyanita

Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *