Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, melalui Bidang Aplikasi dan Teknologi Informasi cukup serius dalam menggarap program Disaster Recovery Center (DRC) di Kota Depok. Dengan keseriusan ini, Pemkot Depok berharap memiliki DRC yang berfungsi sebagai pusat pemulihan data dari bencana sesuai standar nasional.

“Kita ingin bangun DRC sesuai standar nasional, bukan hanya berlaku untuk Pemerintah Daerah (Pemda) saja. Untuk itu kita pilih DRC Jatiluhur, Purwakarta sebagai lokasi ideal pusat pembelajaran. Perlu diketahui, salah satu gedung DRC di sana mengarah pada tier 4, di mana sebagian besar gedung lain masih tier 3, secara standar ini kualifikasinya tinggi,” ujar Kepala Bidang Aplikasi dan Teknologi Informasi Diskominfo Kota Depok, Rahmat Maulana yang ditemui Rabu (22/02/17).

Saat kedatangannya beberapa waktu lalu ke DRC Jatiluhur, pihaknya tidak hanya disambut hangat oleh TIM DRC. Selain ramah tamah, Tim Diskominfo juga diajak berkeliling melihat fasilitas-fasilitas yang dimiliki, seperti lokasi server/mainframe, UPS, genset dan jaringan yang ada.

“Di DRC Jatiluhur kita juga belajar terkait data center. Nantinya ini akan coba kita implementasikan di Diskominfo Kota Depok. Namun, terlebih dahulu, data center yang kita punya, coba akan kita penuhi untuk kualifikasi tier 1 dulu. Sehingga nantinya apa yang kita lakukan sesuai dengan regulasi yang diberikan,” tambahnya.

Untuk diketahui, pertimbangan dipilihnya Jatiluhur sebagai lokasi DRC adalah terkait kondisi geografisnya yang didasarkan pada data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). BMKG menyebut Jatiluhur merupakan wilayah yang masuk zona hijau atau paling rendah potensi gempanya. Sehingga perusahaan yang mempercayakan penyimpanan datanya ke DRC, tak perlu khawatir soal potensi bencana alam tersebut.

Menurutnya, infrastruktur telekomunikasi di DRC Jatiluhur juga terbilang lengkap. Selain mengandalkan jalur fiber optik, lokasi ini juga terhubung langsung ke satelit. Hal itu dikarenakan DRC Jatiluhur juga merupakan stasiun bumi yang fungsinya mengontrol Satelit Palapa yang mengorbit di atas Asia Tenggara.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *